Dirdikdasmen Selenggarakan Sosialisasi Kurikulum Berbasis Adab dan Penyusunan Modul Ajar

Sabtu, 2 September 2023 Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirdikdasmen) YPI Al Azhar selenggarakan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) jenjang SMP/SMA dan Kelompok Kerja Guru (KKG) KB/TK untuk sosialisasikan kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Adab dan Penyusunan Modul Ajar.

Kegiatan tersebut merupakan program Bidang Kurikulum dan Pengembangan Program dan Bidang Keagamaan Dirdikdasmen YPI Al Azhar. Bidang Kurikulum Agama Sekolah Islam Al Azhar mengundang KKG KB/TK Islam Al Azhar untuk melakukan sosialisasi keagamaan.

Pertemuan guru tersebut dihadiri oleh Kepala Dirdikdasmen, Kepala Bidang dan Kepala Seksi terkait.

Pertemuan para penanggungjawab keagamaan jenjang TK Islam Al Azhar Se-Indonesia pada KKG Keagamaan ini diselenggarakan secara blanded. Khusus Wilayah Jabodetabek hadir secara langsung di lantai 7 gedung 8 lantai komples Masjid Agung Al Azhar (MAA).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mensosialisasikan Kurikulum Keagamaan berbasis Adab dan Standar Pendidikan Keagamaan terdiri dari STTPK (standar tingkat pencapaian perkembangan Keagamaan), isi, proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum Keagamaan TK telah terintegrasi dengan penguatan pendidikan Adab.

Di samping itu juga sebagai media sosialisasi Penguatan Standar Kegiatan Keagamaan TK, penguatan program Tahsih, Tahfizh, dan Tamyiz, penggunaan Buku Kisah Para Nabi dan Rasul, serta Sosialisasi penguatan Budaya Sekolah.

Sementara dari Bidang Kurikulum dan Pengembangan Program penyusunan modul ajar dan projek pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan IPS jenjang SMP/SMA. Guru-guru PKN dan IPS SMP/SMA Islam Al Azhar sejabodetabek hadir secara offline di lantai 2 gedung 8 lantai kompleks MAA dan di luar Jabodetabek bergabung secara online.

Pertemuan MGMP pada Sabtu, 2 September 2023 ini sebagai pertemuan kedua setelah pertemuan pertama, Sabtu, 26 Agustus 2023 untuk MGMP Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Pertemuan Sabtu, 9 September 2023 kembali akan mengadakan MGMP untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan untuk jenjang SD akan dilangsungkan KKG untuk guru kelas.

Sumber: Humas YPI Al Azhar